Prihatin, Wiwin Kurnia (2023) PENGARUH KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) DAN JUMLAH PELANGGAN TERHADAP PENDAPATAN DRIVER CAK ED DELIVERY DI KOTA LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
Text
SAMPUL HALAMAN.pdf Download (64kB) |
|
Text
HALAMAN ABSTRAK.pdf Download (37kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (113kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (154kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (383kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (47kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenaikan harga BBM yang sudah di tetapkan pemerintah pada 3 September 2022, tetapi terjadi pembaruhan harga BBM pada 1 Oktober 2022. Akibat kenaikan harga BBM bukan hanya memperbesar beban masyarakat kecil tetapi juga bagi usaha transportasi salah satunya yaitu Cak Ed Delivery. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kenaikan harga BBM dan jumlah pelanggan berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan driver Cak Ed Delivery, untuk mengetahui apakah kenaikan harga BBM dan jumlah pelanggan berpengaruh secara simultan terhadap pendapatan driver Cak Ed Delivery, dan apakah variabel kenaikan harga BBM berpengaruh secara dominan terhadap pendapatan driver Cak Ed Delivery. Penelitian ini menggunakan sampel 87 populasi dengan Teknik non probability sampling dengan menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Alat analisis yang di gunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan alat analisis yang di gunakan untuk menguji hipotesis adalah uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji t, dan uji f. Hasil penelitian berdasarkan uji t diketahui bahwa variabel kenaikan harga BBM (X1) memiliki pengaruh terhadap pendapatan driver, untuk variabel jumlah pelanggan (X2) juga berpengaruh terhadap pendapatan driver. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung sebesar 66,292 > Ftabelsebesar 3,11 Sehingga teruji secara bersama�sama terdapat pengaruh antara variabel independen yaitu kenaikan harga BBM (X1) dan jumlah pelanggan (X2). Variabel yang paling dominan dalam penelitian ini yaitu variabel kenaikan harga BBM yang memiliki nilai sebesar 0,487.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI > PRODI MANAJEMEN |
Depositing User: | Perpus admin UNISLA |
Date Deposited: | 20 Jan 2024 05:31 |
Last Modified: | 20 Jan 2024 05:31 |
URI: | http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1233 |
Actions (login required)
View Item |