PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI PENGARUH NEGATIF MEDIA SOSIAL PADA SISWA DI MTsN 1 LAMONGAN

NADAA, I’ZZATUN (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI PENGARUH NEGATIF MEDIA SOSIAL PADA SISWA DI MTsN 1 LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
Sampul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (567kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Pengaruh Negatif Media Sosial Pada Siswa di MTsN 1 Lamongan menggunakan jenis penelitian kualitatif serta pendekatan studi kasus, tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media sosial pada siswa serta peran Guru PAI dalam menangani pengaruh negatif media sosial pada siswa di MTsN 1 Lamongan.Berdasarkan hasil penelitian, bahwa penggunaan media sosial pada siswa di MTsN 1 Lamongan terkontrol dengan baik melalui 3 hal yaitu, adanya pembatasan untuk mengakses materi pelajaran, penindakan, dengan melakukan penyitaan, otimalisasi dalam pembelajaran. Namun, dalam penggunaannya, media sosial membawa pengaruh negatif pada siswa, seperti kurang memperhatikan gurunya di kelas, kurang sopan dalam berbahasa seperti berkata kotor di grup WA serta kurang santun dalam berperilaku seperti tidak mengucap salam pada guru yang melewatinya, kurang memiliki sikap jujur dalam mengerjakan tugas, dan cenderung malas belajar ketika jam kosong. Peran Guru PAI dalam menangani pengaruh negatif media sosial pada siswa di MTsN 1 Lamongan ada 5 yaitu, dengan memanfaatkan media sosial untuk memberikan materi pelajaran, mendidik siswa untuk mengupload konten positif di media sosial, memotivasi siswa dengan mengirim video pembelajaran di grup WA, memberikan informasi tentang dampak positif dan negatif media sosial, dan membiasakan siswa aktif dalam kegiatan sholat dhuha, ekstra keagamaan, dan bimbingan olimpiade.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:35
Last Modified: 29 Dec 2023 03:35
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1100

Actions (login required)

View Item View Item