NADAA, I’ZZATUN (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGANI PENGARUH NEGATIF MEDIA SOSIAL PADA SISWA DI MTsN 1 LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
Text
Sampul.pdf Download (1MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (567kB) |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (731kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (649kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (661kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (624kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (717kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (647kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
|
Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangani Pengaruh Negatif Media Sosial Pada Siswa di MTsN 1 Lamongan menggunakan jenis penelitian kualitatif serta pendekatan studi kasus, tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media sosial pada siswa serta peran Guru PAI dalam menangani pengaruh negatif media sosial pada siswa di MTsN 1 Lamongan.Berdasarkan hasil penelitian, bahwa penggunaan media sosial pada siswa di MTsN 1 Lamongan terkontrol dengan baik melalui 3 hal yaitu, adanya pembatasan untuk mengakses materi pelajaran, penindakan, dengan melakukan penyitaan, otimalisasi dalam pembelajaran. Namun, dalam penggunaannya, media sosial membawa pengaruh negatif pada siswa, seperti kurang memperhatikan gurunya di kelas, kurang sopan dalam berbahasa seperti berkata kotor di grup WA serta kurang santun dalam berperilaku seperti tidak mengucap salam pada guru yang melewatinya, kurang memiliki sikap jujur dalam mengerjakan tugas, dan cenderung malas belajar ketika jam kosong. Peran Guru PAI dalam menangani pengaruh negatif media sosial pada siswa di MTsN 1 Lamongan ada 5 yaitu, dengan memanfaatkan media sosial untuk memberikan materi pelajaran, mendidik siswa untuk mengupload konten positif di media sosial, memotivasi siswa dengan mengirim video pembelajaran di grup WA, memberikan informasi tentang dampak positif dan negatif media sosial, dan membiasakan siswa aktif dalam kegiatan sholat dhuha, ekstra keagamaan, dan bimbingan olimpiade.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Depositing User: | Perpus admin UNISLA |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 03:35 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 03:35 |
URI: | http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1100 |
Actions (login required)
View Item |