EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD MELALUI METODE TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN DI RAAL-MA’RUF MOJORANU TAHUNPELAJARAN 2022/2023

DENIATI, ERNIA (2023) EFEKTIVITAS PEMBERIAN REWARD MELALUI METODE TOKEN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN DI RAAL-MA’RUF MOJORANU TAHUNPELAJARAN 2022/2023. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (37kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Efektivitas pemberian reward melalui metode token ekonomi untuk meningkatkan kedisiplinan anak usia dini 4-6 tahun di RA Al-Ma’ruf Mojoranu Tahun Pelajaran 2023”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pemberian reward melalui metode token ekonomi untuk meningkatkan kedisiplinan anak usia dini di RA Al-Ma’ruf. Diketahui bahwa rata-rata anak di RA Al-Ma’ruf umur 4-6 Tahun masih belum disiplin mengikuti kegiatan pembiasaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen one group pret-test post-test design. Subyek Penelitian ini berjumlah 14 siswa dari kelas A dan B.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Paired sample test. Penelitian ini dilakukan selama 23 hari yaitu 7 hari pret-test, 13 hari penerapan token ekonomi dan 7 hari post-test. Berdasarkan nilai T hitung > T tabel menunjukkan adanya perbedaan antara hasil pret-test dan post-test dimana hasil post-test lebih tinggi daripada pret-test. juga dibuktikan melaui uji hipotesis melaui uji Paired sample test menggunakan SPSS 26 yang menunjukkan Sig 0,00 dimana kurang dari 0,05 maka Hо ditolak Ha diterima. Sehingga pemberian reward melalui metode token ekonomi efektif untuk meningkatkan kedisiplinan anak usia dini 4-6 tahun di RA Al-Ma’ruf

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Reward, Token Ekonomi, Kedisiplinan, Anak Usia Dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 13 May 2024 03:47
Last Modified: 13 May 2024 03:47
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2290

Actions (login required)

View Item View Item