EFEKTIVITAS MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BULUBRANGSI LARENLAMONGAN

SUSILOWATI, EKA (2023) EFEKTIVITAS MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BULUBRANGSI LARENLAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (74kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya siswa yang aspek kognitifnya belum berkembang, seperti dalam membedakan bilangan secara acak atau menuliskan bilangan yang masih hilang. tanpa melihat contoh, saya tidak dapat menuliskan angka ketika terbalik. Sehingga peneliti menggunakan media gambar untuk meningkatkan minat belajar anak. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah media gambar efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia 4-5 tahun di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Bulubrangsi Laren Lamongan. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah eksperimen. Berdasarkan jenis desain eksperimen yang ada penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design. Desain ini kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Hasil Penelitian dari perhitungan nilai rata-rata (mean) yang telah dilakukan peneliti diperoleh hasil pada pelaksanaan tes awal (pretest) di kelas kontrol mendapatkan nilai 65 dan di kelas eksperimen yakni 75. Kemudian rata-rata perolehan nilai tes akhir (posttest) di kelas kontrol mendapatkan nilai 71 dan di kelas eksperimen yakni 83. Pada posttest di kelas kontrol menggunakan metode ceramah dan di kelas eksperimen menggunakan media gambar. Hal ini dibuktikan pada uji hipotesis yakni dengan menggunakan Uji Independent Sample T-Test. Didapatkan nilai thitung sebesar 6,231 dengan sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Maka Ho ditolak dan Ha diterima itu berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung, Media Gambar, Anak Usia Dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 13 May 2024 03:21
Last Modified: 13 May 2024 03:21
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2287

Actions (login required)

View Item View Item