PENGARUH PENGGUNAAN LEGO KONSTRUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL DESA TEBLURU

QOYYIMAH, . (2023) PENGARUH PENGGUNAAN LEGO KONSTRUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL DESA TEBLURU. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pondasi dasar yang memegang peranan penting dalam perkembangan kepribadian anak. Rentang usia 0-6 tahun merupakan golden age (masa keemasan) bagi anak yang mana pada masa tersebut merupakan masa perkembangan anak yang paling pesat. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan karena kognitif merupakan dasar bagi kemampuan anak untuk berpikir serta memudahkan anak untuk menguasai pengetahuan umum yang lebih luas. Kognitif akan cepat berkembang salah satunya melalui permainan yang menggunakan benda yang disukai anak. Salah satu permainan yang disukai anak adalah lego. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan lego konstruktif terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Tebluru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperiman dengan pre-experimental one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Tebluru dengan perolehan data menggunakan metode angket validasi, observasi, dan wawancara. Data penelitian yaitu pretest-posttest kemampuan kognitif anak diuji menggunakan uji T sampel berpasangan dan didapatkan hasil berupa nilai signifikansi 0,000 yang mana lebih besar dari 0,005 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest-posttest kemampuan kognitif anak dan oleh karenanya hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh penggunaan lego konstruktif terhadap kemampuan kognitif anak kelompok A TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Desa Tebluru diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lego Konstruktif, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 16 May 2024 05:00
Last Modified: 16 May 2024 05:00
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2301

Actions (login required)

View Item View Item