AFIFAH, MARIANA (2023) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI USIA 2-3 TAHUN DI SPS HARAPAN BUNDA TEBLURU SOLOKURO LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
Text
01. HALAMAN SAMPUL.pdf Download (57kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (80kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (49kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (169kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (320kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (289kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (965kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
Text
09. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala dalam proses pembelajaran di SPS Harapan Bunda Tebluru yaitu kemampuan berbicara anak yang masih rendah. Berdasarkan hasil observasi diketahui anak cenderung diam dan kurang berkomunikasi kepada teman maupun gurunya. Di sisi lain, proses pembelajaran di SPS Harapan Bunda lebih memfokuskan pada penggunaan LKA, sehingga kurang memberi kesempatan kepada anak untuk menyampaikan suatu gambar yang ada untuk disampaikan melalui berbahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara anak di SPS Harapan Bunda Tebluru melalui pemilihan media yang tepat. Media yang tepat yaitu media yang mampu memfasilitasi dan meningkatkan kemampuan berbicara siswa, salah satunya adalah busy book. Penelitian ini merupakan pre-experimental design dengan jenis one group pre-test post-test design. Penelitian dilakukan di SPS Harapan Bunda Tebluru pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability sampling dengan sampel anak umur 2 3 tahun di SPS Harapan Bunda Tebluru Kabupaten Lamongan yang berjumlah 24 anak. Indikator penelitian meliputi struktur kalimat, kosa kata, dan artikulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov sebagai uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan uji T berpasangan (Paired Sample T-Test).Hasil penelitian menunjukkan media busy book efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 2-3 tahun di SPS Harapan Bunda Tebluru. Hal ini terbukti dari hasil uji t berpasangan pretetst-posttest diketahui p-value (0,000) < 0,05 dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan bussy book terhadap nilai kemampuan berbicara anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Busy Book, Kemampuan Berbicara , Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI |
Depositing User: | Perpus UNISLA LAMONGAN |
Date Deposited: | 13 May 2024 04:26 |
Last Modified: | 13 May 2024 04:26 |
URI: | http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2294 |
Actions (login required)
View Item |