PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT ISLAMIYAH WANGUN TAHUN AJARAN 2022/2023

LESTARI, LIDIA FITRI AYU (2023) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT ISLAMIYAH WANGUN TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (403kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Kelompok A Di RA Muslimat Islamiyah Wangun. Tahun Pembelajaran 2023”. Kemandirian mempunyai peranan penting bagi anak karena dengan melatih anak mandiri sejak dini, anak tidak akan mudah bergantung pada orang lain dan dapat tumbuh menjadi anak yang memiliki jiwa yang kuat serta membentuk kepribadian yang ungul. Diketahui bahwa rata-rata anak di RA Muslimat Islamiyah Wangun umur 4-5 Tahun tingkat kemandirianya masih rendah. Maka kita sebagai guru harus menggunakan cara menarik untuk meningkatkan kemandirian anak seperti menggunakan metode outdoor learning karena merupakan salah satu alat pendidikan untuk siswa merasa senang karena pembelajaran dilakukan diluar kelas yang melibatkan lingkungan alam sekitar sebagai sarana untuk menyajikan materi pembelajaran secara langsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan metode outdoor learning terhadap kemandirian anak usia dini kelompok A di RA Muslimat Islamiyah Wangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan metode eksperimen one group pre-test post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Paired sampel test. Penelitian ini selama 4 minggu yaitu 1 minggu pre-test, 2 minggu penerapan outdoor learning dan 1 minggu post-test. Dari hasil penelitian tersebut skor pre-test 148 skor dan post-test 348 skor. Berdasarkan nilai T hitung > T tabel menunjukkan adanya perbedaan antara hasil pre-test dan post-test dimana hasil post-test lebih tinggi dari pada pre-test. Dan juga dibuktikan melalui uji hipotesis melalui uji Paired sample test menggunakan SPSS 26 yang menunjukkan Sig 0,00 dimana kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Outdoor Learning, Kemandirian, Anak Usia Dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 13 May 2024 04:22
Last Modified: 13 May 2024 04:22
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2293

Actions (login required)

View Item View Item