EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE SAS DENGAN MEDIA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NASHRUL ULUM MADURANLAMONGAN

MULYANINGRUM, DWISEPTI (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE SAS DENGAN MEDIA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NASHRUL ULUM MADURANLAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.docx.pdf

Download (60kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penerapan Metode SAS dengan Media Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nashrul Ulum’ diketahui bahwa rata- rata anak TK Nashrul Ulum masih belum berkembang dengan baik. Dalam pendidikan anak usia dini terdapat enam aspek perkembangan anak yang dikembangkan di PAUD, diantaranya yaitu aspek fisik- motorik, kognitif, sosial- emosional, nilai agama dan moral, bahasa, dan seni. Aspek– aspek tersebut tidak bisa berkembang sendiri melainkan terintegrasi dengan menjadi satu kesatuan. Perkembangan anak juga bisa dilihat dari kemampuan membacanya. Kita sebagai pendidik harus bisa menggunakan metode SAS dengan media bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaa. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Metode SAS dengan Media Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nashrul Ulum. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksprimental design. Teknik analisisnya dengan menggunakan teknik analisis pairet sample t- test. penelitian ini dilakukan selama 4 hari dengan pretest 1 hari, treatmet 2 hari, dan posttest 1 hari. Pada saat pretest mendaptkan skor 35 kmudian setelah diberikan treatment dan dilakukan posttest mendaptkan skor 88. Oleh karena itu adanya peningkatan untuk keampuan membaca permulaan. Dan juga dibuktikan melalui spss 26 bahwa menunjukkan sig 0,000 dimana kurang dari 0,05 sehingga HO di tolak dan Ha di terima. Sehingga penerapan metoe sas dengan media bergambar efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usi 5-6 tahun di TK Nashrul Ulum.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: membaca Permulaan, Metode SAS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 13 May 2024 03:10
Last Modified: 13 May 2024 03:10
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2286

Actions (login required)

View Item View Item