PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUCANDY PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III DI MI NURUL HIDAYAH BANYUBANG

LAILA, KHOIRU NISFIL (2023) PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUCANDY PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III DI MI NURUL HIDAYAH BANYUBANG. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
Cover.pdf

Download (143kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)

Abstract

Pengembangan evaluasi pembelajaran Educandy pada pembelajaran bahasa jawa didasarkan pada beberapa hal diantaranya : 1) Evaluasi pembelajaran yang hanya berpusat pada buku mata pelajaran/lks, 2) pembelajaran yang berpusat pada guru, 3) Pada proses pembelajaran hanya menggunakan media papan tulis saja sehingga peserta didik merasa bosan. Mengatasi hal tersebut maka diperlukan pengembangan evaluasi pembelajaran yang tepat. Oleh sebab itu peneliti dalam penelitian ini menggunakan Educandy agar peserta didik tidak merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran dan dapat menarik perhatian peserta didik untuk mengikuti pembelajaran beserta evaluasi pembelajaran dalam pelajaran bahasa jawa. Tujuan dari penelitian ini antara lain : 1) Menghasilkan produk pengembangan berupa evaluasi pembelajaran Educandy, 2) Mendeskripsikan tingkat kemenarikan Educandy untuk peserta didik kelas III di MI Nurul Hidayah Banyubang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III di MI Nurul Hidayah Banyubang yang berjumlah 27. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dan menggunakan 5 langkah proses pengembangan diantaranya : 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Emplamantation, 5) Evaluation. Hasil dari penelitian ini, yang pertama pada pengembangan evaluasi pembelajaran Educandy, validasi bahasa mendapatkan nilai 75% (Valid), hasil validasi media mendapatkan nilai 93% (Sangat Valid), hasil validasi soal mendapatkan nilai 90% (Sangat Valid). Kedua pada tingkat kemenarikan peserta didik dengan jumlah peserta didik sebanyak 27 mendapatkan nilai 96,8%. Dapat disimpulkan produk pengembangan media evaluasi Educandy dapat digunakan pada pembelajaran bahasa jawa serta menarik peserta didik kelas III dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Educandy,Kemenarikan, Bahasa Jawa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 06 May 2024 04:54
Last Modified: 06 May 2024 04:54
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2273

Actions (login required)

View Item View Item