PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU SUKOLILO

IZMI, FARICHATIN (2023) PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU SUKOLILO. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
01. HALAMAN SAMPUL.docx.pdf

Download (145kB)
[img] Text
02. HALAMAN ABSTRACT.docx.pdf

Download (86kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.docx.pdf

Download (82kB)
[img] Text
04. BAB I.docx.pdf

Download (170kB)
[img] Text
05. BAB II.docx.pdf

Download (339kB)
[img] Text
06. BAB III.docx.pdf

Download (230kB)
[img] Text
07. BAB IV.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] Text
08. BAB V.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
09. BAB VI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] Text
10. HALAMAN PUSTAKA.docx.pdf

Download (105kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbedaan hasil belajar antara pembelajaran yang menggunakan metode konvensional dengan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Untuk mencapai tujuan tersebut maka diadakan penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk One Group PreTest-PostTest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Ma’arif NU Sukolilo. Berdasarkan hasil Pre-Test yang awalnya mendapat nilai dengan jumlah rata-rata sebesar 56,67 meningkat pada Post-test dengan jumlah nilai rata-rata sebesar 78,96. Sehingga terdapat peningkatan sebesar 22,29. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji non parametrik Wilcoxon dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25 diperoleh data taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dengan ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar mata pelajaran IPAS siswa kelas IV MI Ma’arif NU Sukolilo. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di MI Ma’arif NU Sukolilo serta siswa dapat aktif dalam membuat dan mempresentasaikan proyek yang mereka buat

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 27 Jan 2024 04:22
Last Modified: 27 Jan 2024 04:22
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1299

Actions (login required)

View Item View Item