ALHAWAWI, MOCH HAFID (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI ASWAJA AN-NAHDLIYAH PADA PESERTA DIDIK SMA MA’ARIF NU NURUL HUDA PUCUK LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
Text
Halaman Sampul.pdf Download (54kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (317kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (329kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text
BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul, Penanaman Nilai-Nilai Aswaja An-Nahdliyah Pada Peserta Didik SMA Ma’arif NU Nurul Huda Pucuk Lamongan 2022-2023, menggunakan jenis penelitian kualitatif serta pendekatan deskriptif analisis, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam menanamkan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah pada peserta didik SMA Ma’arif NU Nurul Huda Pucuk Lamongan, untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah pada peserta didik SMA Ma’arif NU Nurul Huda Pucuk Lamongan. Dari hasil penelitian ini, yang pertama adalah proses penanaman nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah melalui tiga tahapan yakni: (a) Aswaja Knowing, didalamnya ada proses pemahaman, wawasan dan pengetahuan mengenai nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah melalui mata pelajaran Aswaja ke-NU- an, (b) Aswaja Feeling, didalamnya terdapat Kegiatan keagamaan yaitu dengan pembiasaan atau amaliyah sehari-hari, (c) Aswaja Action, didalamnya terdapat keteladanan seorang guru yang bersikap sesuai dengan nilai-nilai Aswaja An- Nahdliyah dan keteladanan kisah Nabi Muhammad SAW kepada sahabat- sahabatnya melalui ceramah atau nasihat yang nantinya melahirkan rasa keinginan, kemauan peserta didik untuk mengaplikasikan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah, sedangkan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah yang ditanamkan pada peserta didik SMA Ma’arif NU Nurul Huda adalah Tawasuth dan I’tidal, tawazun, tasamuh dan Amar Ma’aruf Nahyi Munkar. Yang kedua adalah faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah adalah lingkungan sekolah, track record guru dan berasal dari faham yang sama, sedangkan faktor penghambatnya adalah pergaulan anak diluar sekolah dan latar belakang peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Depositing User: | Perpus admin UNISLA |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 06:07 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 06:07 |
URI: | http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1107 |
Actions (login required)
View Item |