PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IX MTs MAMBAUL ULUM SIMOREJO WIDANG TUBAN

SALSABIILA, AKILLA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IX MTs MAMBAUL ULUM SIMOREJO WIDANG TUBAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
1.HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (81kB)
[img] Text
2. HALAMAN ABSTRAK.pdf

Download (77kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (303kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
9. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
10. HALAMAN PUSTAKA.pdf

Download (107kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IX MTs Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif serta pendekatan korelasi, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IX, serta mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IX MTs Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban. Hasil dari penelitian ini, yang pertama, penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw tergolong baik dengan kategori nilai 87,87% yang berada di nilai interval 76%-100%. Yang kedua, peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IX tergolong baik dengan kategori nilai 87,68% yang berada di interval 76%-100%. Sedangkan yang ketiga, pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IX MTs Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dan berdasarkan nilai korelasi 0,908 yang berada pada interpretasi 0,80-1,000 menunjukan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat hubungan yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 28 Dec 2023 05:43
Last Modified: 28 Dec 2023 05:43
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item