PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI ISLAMIYAH KEDUNGMEGARIH

KHARIMAH, ASMA'UL (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI ISLAMIYAH KEDUNGMEGARIH. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
01-HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (550kB)
[img] Text
02-HALAMAN ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
03-DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
04-BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
05-BAB II.pdf

Download (228kB)
[img] Text
06-BAB III.pdf

Download (457kB)
[img] Text
07-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
08-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
09-BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
10-HALAMAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)

Abstract

Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Kelas IV di MI Islamiyah Kedungmegarih didasarkan pada beberapa permasalahan diantaranya: kurangnya inovasi dan kreatifitas guru dalam menciptakan dan mengembangkan media pembelajaran Matematika sehingga peserta didik dalam memahami materi kurang maksimal. KKM kurang dari 75, dan pembelajaran terlihat lebih monoton. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menghasilkan produk pengembangan berupa media Kartu Domino, 2) Mendeskripsikan pengembangan media Kartu Domino Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV 3) Mendeskripsikan kemenarikan media Kartu Domino Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 9 langkah yaitu 1) Penelitian dan pengumpulan informasi, 2) Perencanaan, 3) Penggunaan format produk awal, 4) Uji coba awal, 5) Revisi produk, 6) Uji coba lapangan, 7) Revisi produk, 8) Uji lapangan 9) Revisi produk akhir. Pada penelitian dilakukan dalam lingkup terbatas saja, yakni di MI Islamiyah Kedungmegarih karena adanya keterbatasan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Kartu Domino pada pembelajaran Matematika memiliki tingkat kevalidan yang dibuktikan dari hasil validasi ahli bahasa 95% (sangat valid), ahli media 80% (sangat valid), ahli materi 85% (sangat valid). Sedangkan tingkat kemenarikan pada media menunjukkan pada uji coba perorangan 96,6% (sangat menarik), uji kelompok kecil 94,6% (sangat menarik), uji lapangan 95,7% (sangat menarik). Maka dapat disimpulkan bahwa media Kartu Domino pada pembelajaran Matematika memenuhi kriteria valid dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran Matematika di kelas IV MI Islamiyah Kedungmegarih.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kartu Domino, Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 18 Apr 2024 04:56
Last Modified: 18 Apr 2024 04:56
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2255

Actions (login required)

View Item View Item