PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SDN GENDONGKULON

SETIAWAN, SONNY (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SDN GENDONGKULON. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (186kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (429kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
9. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh peserta didik yang beragama islam dan juga sangat penting untuk peserta didik agar mereka mampu mengetahui, memahami serta mengamalkan ajaran Agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Agama Islam adalah mata pelajaran yang didalamnya memuat AL-Qur’an, al- hadist, keimanan, Akidah akhlak, fiqih/ibadah, dan sejarah Islam. Banyaknya materi yang penyampaiannya menggunakan metode ceramah menjadikan para siswa merasa bosan dan kurang aktif dalam kegiatan belajar. Masalah-masalah ini dapat berdampak pada hasil prestasi belajar siswa yang rendah. Penelitian ini berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa SDN Gendongkulon Babat menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SDN Gendongkulon. Dari hasil penelitian ini, penerapan model pembelajaran kooperatif khususnya dalam mata pelajaran PAI di SDN Gendongkulon dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Faktor yang dapat mendukung program ini adalah media pembelajaran yang memadai, guru yang kreatif dan semangat belajar siswa yang tinggi sedangkan faktor penghambat dalam program ini adalah minat belajar siswa yang menurun karena bosan sehingga perlu diatasi dengan model pembelajaran yang kreatif dengan memberikan motivasi sehingga memunculkan rasa senang dan menarik untuk mempelajari mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:09
Last Modified: 05 Jan 2024 06:09
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1133

Actions (login required)

View Item View Item