PENANAMAN NILAI-NILAI ASWAJA AN-NAHDLIYAH PADA PESERTA DIDIK SMA MA’ARIF NU NURUL HUDA PUCUK LAMONGAN

ALHAWAWI, MOCH HAFID (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI ASWAJA AN-NAHDLIYAH PADA PESERTA DIDIK SMA MA’ARIF NU NURUL HUDA PUCUK LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
Halaman Sampul.pdf

Download (54kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul, Penanaman Nilai-Nilai Aswaja An-Nahdliyah Pada Peserta Didik SMA Ma’arif NU Nurul Huda Pucuk Lamongan 2022-2023, menggunakan jenis penelitian kualitatif serta pendekatan deskriptif analisis, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam menanamkan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah pada peserta didik SMA Ma’arif NU Nurul Huda Pucuk Lamongan, untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah pada peserta didik SMA Ma’arif NU Nurul Huda Pucuk Lamongan. Dari hasil penelitian ini, yang pertama adalah proses penanaman nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah melalui tiga tahapan yakni: (a) Aswaja Knowing, didalamnya ada proses pemahaman, wawasan dan pengetahuan mengenai nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah melalui mata pelajaran Aswaja ke-NU- an, (b) Aswaja Feeling, didalamnya terdapat Kegiatan keagamaan yaitu dengan pembiasaan atau amaliyah sehari-hari, (c) Aswaja Action, didalamnya terdapat keteladanan seorang guru yang bersikap sesuai dengan nilai-nilai Aswaja An- Nahdliyah dan keteladanan kisah Nabi Muhammad SAW kepada sahabat- sahabatnya melalui ceramah atau nasihat yang nantinya melahirkan rasa keinginan, kemauan peserta didik untuk mengaplikasikan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah, sedangkan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah yang ditanamkan pada peserta didik SMA Ma’arif NU Nurul Huda adalah Tawasuth dan I’tidal, tawazun, tasamuh dan Amar Ma’aruf Nahyi Munkar. Yang kedua adalah faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah adalah lingkungan sekolah, track record guru dan berasal dari faham yang sama, sedangkan faktor penghambatnya adalah pergaulan anak diluar sekolah dan latar belakang peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:07
Last Modified: 05 Jan 2024 06:07
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1107

Actions (login required)

View Item View Item