STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (SMALB) NEGERI LAMONGAN

NURHAYATI, BINTI (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (SMALB) NEGERI LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
01. SAMPUL.pdf

Download (845kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (699kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (458kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (416kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penyamarataan hak dalam dunia pendidikan tidak hanya terbatas pada peserta didik yang normal secara fisik, namun tidak terkecuali juga berpeluang sama pada peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus, sehingga mereka sama-sama mempunyai kesempatan belajar terutama belajar Pendidikan Agama Islam. Kesempatan belajar yang sama tersebut tentu akan dapat meningkatkan motivasi belajar mereka melului motivasi intrinsik maupun ekstrinsiknya. Sehingga dalam meningkatkan motivasi belajar tersebut guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam harus mempunyai strategi yang baik dalam mengajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan untuk mengidentifikasi hasil penggunaan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik tunanetra di Sekolah Menegah Atas Luar Biasa (SMALB) Negeri Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif pendekatan penelitain kualitatif. Pendekatan ini ambil oleh peneliti, karena peneliti melakukan observasi langsung untuk melihat dan mengetahui fenoma dalam penelitian dan mendapatkan data-data secara valid dan dapat dipercaya, sehingga pembaca menjadi jelas atas hasil penelitian tersebut.Hasil penelitian ini menegaskan, bahwa urgesitas implementasi starategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan penggunaan metode ceramah, metode tanya jawab, metode eksperiman, dan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik tunanetra. Metode-metode tersebut terbilang ampuh karena dapat memberikan kemudahan peserta didik tunanetra dalam memahami materi pelajaran serta dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Sehingga, penggunaan strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Negeri Lamongan dalam kategori berhasil. Hal tersebut dapat diidentifikasi melalui perubahan kognitif dan karakteristik peserta didik tunanetra di Sekolah Menengan Atas Luar Biasa (SMALB) Negeri Lamongan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 28 Dec 2023 05:44
Last Modified: 28 Dec 2023 05:44
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1088

Actions (login required)

View Item View Item