PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTs MAMBAUL ULUM SIMOREJO WIDANG TUBAN

JULIANTI, BERLIANA PUTRI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTs MAMBAUL ULUM SIMOREJO WIDANG TUBAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
Halaman sampul.docx.pdf

Download (85kB)
[img] Text
Halaman abstrak.docx.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Daftar Isi.docx.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.docx.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.docx.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.docx.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB V.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB VI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
Halaman Pustaka.docx.pdf

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mastery Learning Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban menggunakan jenis penelitian kuantitatif serta pendekatan asosiatif, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Model Pembelajaran Mastery Learning di MTs Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban, untuk mengetahui Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban, serta mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Mastery Learning terhadap hasil belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban. Hasil dari penelitian ini, yang pertama adalah penggunaan model pembelajaran Mastery Learning terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban tergolong sangat baik, hal ini terbukti berdasarkan angket yang telah disebarkan kepada para siswa dan hasil analisis data dengan rumus prosentase diperoleh hasil sebesar 87,89% yang berada diantara nilai interval 76-100% yang berarti kategori baik, yang kedua hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban tergolong baik. Hal ini dapat diketahui dari hasil nilai rapot siswa yang dianalisis melalui rumus mean/rata-rata, diperoleh hasil sebesar 85,58 yang berada diantara nilai interval 75-89 yang berarti tergolong baik, dan ketiga hasil perhitungan dengan rumus regresi linier sederhana menggunakan aplikasi IBM SPSS statistik 25 terbukti bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Mastery Learning terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban dengan hasil perhitungan nilai signifikan sebesar 0,000 yang artinya berdasarkan besarnya kolerasi/hubungan dengan nilai 0,899 yang jika dilihat dari tabel interprestasi berada diantara 0,80-1,000 menunjukkan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat hubungan yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 28 Dec 2023 05:43
Last Modified: 28 Dec 2023 05:43
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item View Item