SARI, AYU AFITA (2023) PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI SEKOLAH BERBASIS PESANTRENDI MA MA’ARIF 7 BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
Text
01 SAMPUL (AYU AFITA).pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRACT (AYU AFITA).pdf Download (387kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI (AYU AFITA).pdf Download (665kB) |
|
Text
04 BAB I (AYU AFITA).pdf Download (828kB) |
|
Text
05 BAB II (AYU AFITA).pdf Download (1MB) |
|
Text
06 BAB III ( AYU AFITA).pdf Download (325kB) |
|
Text
07 BAB IV (AYU AFITA).pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
|
Text
08 BAB V (AYU AFITA).pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) |
|
Text
09 BAB VI (AYU AFITA).pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
Text
10 LAMPIRAN PUSTAKA (AYU AFITA).pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengembangan Karakter Religius Siswa Melalui Sekolah Berbasis Pesantren di MA Ma’arif 7 Banjarwati Paciran Lamongan menggunakan metode kualitatif, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan karakter religius siswa melalui sekolah berbasis pesantren dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan karakter religius di MA Ma’arif 7 Banjarwati Paciran Lamongan. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan karakter religius di MA Ma’arif 7 Banjarwati Paciran Lamongan dilakukan melalui berbagai kegiatan pembiasaan yang diterapkan oleh guru terhadap siswanya beberapa kegitan tersebut yakni: pembiasaan apel pagi dan do’a bersama, pembiasaan sholat dhuhur berjama’ah dan merayakan peringatan hari besar Islam, guru menekankan sikap syukur dan ikhlas melalui nasihat-nasihat yang diberikan, guru mencontohkan sikap hormat terhadap orang tua dan guru guru memberikan kisah tokoh inspiratif, guru memberikan hukuman membaca surat Al-Mulk dan Al-Waqi’ah bagi siswa yang terlambat apel, guru memberikan beasiswa terhadap siswa dan siswi pengahafal Al-Qur’an, Guru mengajak siswa untuk melaksanakan qiyamul lail, guru hidup rukun dan saling tolong xmenolong. Faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan karakter religius siswa melalui sekolah berbasis pesantren dikelompokkan dalan dua hal yakni faktor internal dan eksternal, faktor internal meliputi adat kebiasaan, kehendak atau kemauan, dan hereditas atau keturunan, sedangkan faktor eksternal meliputi pendidikan dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Depositing User: | Perpus admin UNISLA |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 05:43 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 05:43 |
URI: | http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1086 |
Actions (login required)
View Item |