SALSABIILA, AKILLA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IX MTs MAMBAUL ULUM SIMOREJO WIDANG TUBAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
Text
1.HALAMAN SAMPUL.pdf Download (81kB) |
|
Text
2. HALAMAN ABSTRAK.pdf Download (77kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (226kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (303kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (358kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
|
Text
9. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
Text
10. HALAMAN PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IX MTs Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif serta pendekatan korelasi, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IX, serta mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IX MTs Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban. Hasil dari penelitian ini, yang pertama, penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw tergolong baik dengan kategori nilai 87,87% yang berada di nilai interval 76%-100%. Yang kedua, peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IX tergolong baik dengan kategori nilai 87,68% yang berada di interval 76%-100%. Sedangkan yang ketiga, pengaruh penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IX MTs Mambaul Ulum Simorejo Widang Tuban menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dan berdasarkan nilai korelasi 0,908 yang berada pada interpretasi 0,80-1,000 menunjukan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat hubungan yang sangat kuat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Depositing User: | Perpus admin UNISLA |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 05:43 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 05:43 |
URI: | http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1080 |
Actions (login required)
View Item |