PENGARUH PENERAPAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL) PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS AL MUBAROKAH TURI LAMONGAN

TAUFIQ, ABDULLAH (2023) PENGARUH PENERAPAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL) PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS AL MUBAROKAH TURI LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (467kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (540kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (507kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (780kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (695kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (867kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Inquiry Based Learning (IBL) Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Mts Al Mubarokah Turi Lamongan menggunakan jenis penelitian kuantitatif serta pendekatan asosiatif, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Inquiry Based Learning (IBL) pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits, mengetahui prestasi belajar serta mengetahui adanya pengaruh penerapan Inquiry Based Learning (IBL) pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar siswa di MTs Al Mubarokah Turi Lamongan. Hasil dari penelitian ini, yang pertama adalah penerapan Inquiry Based Learning (IBL) pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Al Mubarokah Turi Lamongan tergolong sangat baik, hal ini terbukti berdasarkan angket yang telah disebarkan kepada para siswa dan hasil analysis data dengan rumus prosentase diperoleh hasil sebesar 87% yang berada diantar nilai interval 86% - 100% yang berarti kategori sangat baik, yang kedua prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Al Mubarokah Turi Lamongan tergolong baik. Hal ini dapat di ketahui dari hasil nilai rapot siswa yang dianalisis melalui rumus mean / rata-rata, diperoleh hasil sebesar 87,10 yang berada diantara nilai interval 75-89 yang berarti tergolong baik, dan yang ketiga hasil perhitungan dengan rumus regresi linier sederhana menggunakan aplikasi IBM SPSS statistik 25 terbukti bahwa terdapat pengaruh penerapan Inquiry Based Learning (IBL) pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar siswa di MTs Al Mubarokah Turi Lamongan dengan hasil perhitungan nilai signifikansi sebesar 0.000, berdasarkan besarnya nilai korelasi/hubungan dengan nilai 0,951 yang jika di lihat dari tabel interprestasi berada diantara 0.80-1,000 yang artinya antara valiabel X dan variabel Y terdapat hubungan yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:21
Last Modified: 27 Dec 2023 04:21
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item View Item