TAUFIQ, ABDULLAH (2023) PENGARUH PENERAPAN INQUIRY BASED LEARNING (IBL) PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTS AL MUBAROKAH TURI LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
Text
1. SAMPUL.pdf Download (467kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (540kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (507kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (780kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (695kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (867kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (468kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Inquiry Based Learning (IBL) Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Mts Al Mubarokah Turi Lamongan menggunakan jenis penelitian kuantitatif serta pendekatan asosiatif, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Inquiry Based Learning (IBL) pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits, mengetahui prestasi belajar serta mengetahui adanya pengaruh penerapan Inquiry Based Learning (IBL) pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar siswa di MTs Al Mubarokah Turi Lamongan. Hasil dari penelitian ini, yang pertama adalah penerapan Inquiry Based Learning (IBL) pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Al Mubarokah Turi Lamongan tergolong sangat baik, hal ini terbukti berdasarkan angket yang telah disebarkan kepada para siswa dan hasil analysis data dengan rumus prosentase diperoleh hasil sebesar 87% yang berada diantar nilai interval 86% - 100% yang berarti kategori sangat baik, yang kedua prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Al Mubarokah Turi Lamongan tergolong baik. Hal ini dapat di ketahui dari hasil nilai rapot siswa yang dianalisis melalui rumus mean / rata-rata, diperoleh hasil sebesar 87,10 yang berada diantara nilai interval 75-89 yang berarti tergolong baik, dan yang ketiga hasil perhitungan dengan rumus regresi linier sederhana menggunakan aplikasi IBM SPSS statistik 25 terbukti bahwa terdapat pengaruh penerapan Inquiry Based Learning (IBL) pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar siswa di MTs Al Mubarokah Turi Lamongan dengan hasil perhitungan nilai signifikansi sebesar 0.000, berdasarkan besarnya nilai korelasi/hubungan dengan nilai 0,951 yang jika di lihat dari tabel interprestasi berada diantara 0.80-1,000 yang artinya antara valiabel X dan variabel Y terdapat hubungan yang sangat kuat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Depositing User: | Perpus admin UNISLA |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 04:21 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 04:21 |
URI: | http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1075 |
Actions (login required)
View Item |