STRATEGI PENINGKATAN KETERAMPILAN 4C ABAD 21 (CRITICAL THINKING, COMMUNICATION, COLLABORATION, CREATIVITY) SISWA PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA MA’ARIF 7 BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN

MANILA, A.M. SHOVIY AJENG (2023) STRATEGI PENINGKATAN KETERAMPILAN 4C ABAD 21 (CRITICAL THINKING, COMMUNICATION, COLLABORATION, CREATIVITY) SISWA PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA MA’ARIF 7 BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN. Other thesis, UNISLA.

[img] Text
01. HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (410kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (534kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)

Abstract

A.M. Shoviy Ajeng Manila. 2023. “Strategi Peningkatan Keterampilan 4C Abad 21 (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity) Siswa pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Ma’arif 7 Banjarwati Paciran Lamongan”. Skripsi. Universitas Islam Lamongan. Skripsi ini membahas tentang strategi peningkatan keterampilan 4C abad 21 siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Ma’arif 7 Banjarwati Paciran Lamongan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif serta pendekatan analisis deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi peningkatan keterampilan 4C abad 21 siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Ma’arif 7 Banjarwati Paciran Lamongan, serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat strategi peningkatan keterampilan 4C abad 21 siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MA Ma’arif 7 Banjarwati Paciran Lamongan. Hasil penelitian ini yaitu, yang pertama penerapan strategi peningkatan keterampilan 4C abad 21 siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak dilakukan dengan berbagai cara, meliputi metode pembelajaran diskusi kelompok, presentasi individu/kelompok di depan kelas, interaksi multi arah antara guru dengan siswa, pemberian stimulus dalam pembelajaran, mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, menganalisis permasalahan dalam kehidupan sehari-hari kemudian mencari solusi bersama-sama, menganalisis dalil agama, hingga memotivasi siswa untuk mengikuti organisasi sekolah dan kegiatan di luar kelas. Kedua, faktor yang dapat mendukung strategi yang diterapkan adalah peran serta guru, peran serta orang tua, lingkungan yang kondusif, serta rangsangan mental yang baik pada siswa. Sedangkan faktor yang dapat menghambat penerapan strategi tersebut meliputi kurangnya peran orang tua, fasilitas yang kurang memadai, serta kelelahan fisik siswa. Kata Kunci: Strategi Peningkatan, Keterampilan 4C Abad 21, Pembelajaran Aqidah Akhlak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:43
Last Modified: 19 Dec 2023 06:45
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1069

Actions (login required)

View Item View Item