PEMBELAJARAN STEAM UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MEDIA LOOSEPART (STUDY NARATIF) DI TK ISLAM TERPADU WILDANI LAMONGAN

ZUHROH, NI’MATUZ (2021) PEMBELAJARAN STEAM UNTUK ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MEDIA LOOSEPART (STUDY NARATIF) DI TK ISLAM TERPADU WILDANI LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
161830036 NI'MATUZ ZUHROH_Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
161830036 NI'MATUZ ZUHROH_Abstrak.pdf

Download (217kB)
[img] Text
161830036 NI'MATUZ ZUHROH_Daftar Isi.pdf

Download (11kB)
[img] Text
161830036 NI'MATUZ ZUHROH_Bab I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
161830036 NI'MATUZ ZUHROH_Bab II.pdf

Download (450kB)
[img] Text
161830036 NI'MATUZ ZUHROH_Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
161830036 NI'MATUZ ZUHROH_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
161830036 NI'MATUZ ZUHROH_Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
161830036 NI'MATUZ ZUHROH_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Capaian perkembangan anak kelompok B di TK Islam Terpadu Wildani Lamongan ketika proses pembelajaran berlangsung kreativitas terbatas, anak memiliki kemampuan komunikasi rendah serta mengemukakan pendapat dari juga masih rendah. Hal ini diakibatkan adanya masih dominan peran guru dalam pembelajaran dan membatasi kreativitas anak dalam menyediakan media pembelajaran kurang bervariatif karena menggunakan lembar kegiatan yang tersedia di sekolah saja. Pemilihan penggunaan pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) menggunakan media Loosepart dipilih dengan alasannya adalah selaras dengan pendidikan abad 21 dimana keterampilan berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan berkomunikasi terasah dengan bermain. Hasil observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelompok B di TK Islam Terpadu Wildani Lamongan belum mengarah pada pembelajaran abad 21 sehingga kegiatan pembelajaran monoton dan belum mampu mengarahkan peserta didik untuk lebih Kreatif dan Inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 14 anak di Kelompok B usia 5-6 tahun TK Islam Terpadu Wildani Lamongan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis secara kualitatif menganalisis capaian perkembangan anak secara obyektif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berbasis STEAM menggunakan media Loosepart terhadap anak usia 5-6 tahun sehingga direkomendasikan pembelajaran ini terus dilakukan secara berkelanjutan untuk melihat capaian kemampuan di aspek yang lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 04 Feb 2022 05:54
Last Modified: 04 Feb 2022 05:54
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item