PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A RA MUSLIMAT ISLAMIYAH WANGUN

FAUZIYAH, NURUL AWWALINA USWATUL (2023) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A RA MUSLIMAT ISLAMIYAH WANGUN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (321kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ pengaruh metode eksperimen terhadap perkembangan kognitif anak kelompok A RA Muslimat Islamiyah Wangun ”. Penelitian ini dilatat belakangi oleh rendahnya prkembangan kognitif pada anak kelompok A RA Muslimat Islaiyah Wangun. Tujuan pada penelitian ini untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok A RA Muslimat Islaiyah Wangun. Menginat pentingnya perkembangan kognitif pada anak sejak usia dini dan bagi kehidupan anak dimasa yang akan mendatang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian one group pre test post test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Paired sample test yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap perkembangan kognitif pada anak kelompok A RA Musliat Islamiyah Wangun. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siwa anak kelompok A RA Muslimat Ismiyah Wangun yang berjumlah 10 anak. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 minggu yaitu 1 minggu pre-test, 2 minggu treatment dan 1 minggu post test. Dari hasil penelitian tersebut skor pre test 5.60 skor dan post test 14.80 skor. Berdasarkan nilai T hitung > T table menunjukkan adanya perbedaan antara hasil pre test dan post test dimana hasil post test lebih tinggi daripada pre test. Dan juga dibuktikan melaui uji hipotesis melaui uji Paired sample test menggunakan SPSS 26 yang menunjukkan Sig 0,00 dimana kurang dari 0,05 sehingga Hо ditolak Ha diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kognitif, Metode Eksperimen, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 16 May 2024 04:49
Last Modified: 16 May 2024 04:49
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2299

Actions (login required)

View Item View Item