EFEKTIVITAS METODE OUTDOOR LEARNING BERBASIS FARMING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENGENALAN SAINS PADA ANAK USIA DINI

A’IN, FIRDATUL (2023) EFEKTIVITAS METODE OUTDOOR LEARNING BERBASIS FARMING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENGENALAN SAINS PADA ANAK USIA DINI. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (471kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Metode Outdoor Learning Berbasis Farming Untuk Mengembangkan Kemampuan Pengenalan Sains Pada Anak Usia Dini”.metode outdoor learning berbasis farming merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang ada diluar kelas dengan menggunakan cara bercocok tanam dengan suatu kegiatan yang dilakukan dialam terbuka atau diluar kelas antara lain untuk mengenalkan tumbuh-tumbuhan, dan cara merawat tanaman dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah efektivitas metode outdoor learning berbasis farming efektif untuk mengembangkan kemampuan pengenalan sains pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk agar mengetahui efektivitas metode outdoor learning berbasis farming untuk mengembangkan kemampuan pengenalan sains pada anak usia dini. dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini adalah melalui teknik observasi, dokumentasi, wawancara. Adapun teknik analisis data penelitian ini menggunakan paired sample test. Penelitian ini dilakukan selama 23 hari, minggu pertama 3 hari pretest, minggu ke dua 3 hari treatment, minggu ke tiga 3 hari post-test. Hasil penelitian tersebut skor pretest 58 skor dan post-test 129 skor. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan mengenai hasil perhitungan menggunakan SPSS dengan cara membandingkan antara nilai T hitung>T tabel menunjukan adanya perbedaan antara hasil pretest dan post-test dimana hasil post-test lebih tinggi dari pada pre-test. Dan juga dibuktian melalui uji hipotesis melalui uji paired sample test menggunakan SPSS 26 yang menunjukan sig 0,00 dimana kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Outdoor Learning, Farming, Pengenalan Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 13 May 2024 04:12
Last Modified: 13 May 2024 04:12
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2292

Actions (login required)

View Item View Item