IMPLEMENTASI KETERAMPILAN UBUDIYAH DALAM MEMBENTUK SIKAP RELIGIUS SISWA DI SMK NU 2 KEDUNGPRING

ROHMAH, SITI SAKINATUR (2023) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN UBUDIYAH DALAM MEMBENTUK SIKAP RELIGIUS SISWA DI SMK NU 2 KEDUNGPRING. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
sampul.docx.pdf

Download (580kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.docx.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB II.docx.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB III.docx.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
BAB VI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (100kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Keterampilan Ubudiyah Dalam Membentuk Sikap Religius Siswa di SMK NU 2 Kedungpring menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi keterampilan ubudiyah dalam membentuk sikap religius siswa, serta untuk mengetahui hasil keterampilan ubudiyah dalam membentuk sikap religius siswa di SMK NU 2 Kedungpring. Hasil dari penelitian ini yang pertama menunjukkan bahwa implementasi keterampilan ubudiyah dalam membentuk sikap religius siswa dibagi menjadi tiga tahapan yaitu, tahapan perencanaan yang dimulai dari peranan kepala sekolah, waka kesiswaan, guru pendamping ubudiyah dan siswa, tahapan pelaksanaan yang dibagi menjadi tiga tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup, tahapan yang terakhir yaitu evaluasi yang dibagi menjadi tiga tahapan yaitu,evaluasi yang dilakukan sejak awal program (pretest), evaluasi tahap pelaksanaan (formatif) serta evaluasi pada tahap akhir (summatif). Hasil yang diperoleh dalam kegiatan keterampilan ubudiyah dalam membentuk sikap religius pada siswa yakni menggunakan indikator nilai religius diantaranya beraqidah yang lurus,senantiasa melaksanakan ibadah dengan baik dan benar, berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran dan ikut serta dalam kegiatan keagamaan sedangkan lima aspek religius diantaranya meliputi aspek keyakinan, aspek penghayatan, aspek pengetahuan, aspek menjalankan kewajiban dan aspek perilaku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:09
Last Modified: 05 Jan 2024 06:09
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item