DAMAYANTI, NOVIA (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM KARTUN UPIN DAN IPIN EPISODE RAMADHAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
Text
Halaman Sampul.pdf Download (449kB) |
|
Text
Halaman Abstrak.pdf Download (71kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (80kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (282kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (340kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (162kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
Halaman Pustaka.pdf Download (173kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Kartun Upin dan Ipin Episode Ramadhan sebagai Media Pembelajaran di Era Digital menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian kepustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam kartun upin dan ipin episode ramadhan serta hasil pembelajaran yang ditemukan dari film sebagai media pembelajaran di era digital. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tiga nilai pendidikan Islam di dalamnya yaitu nilai akidah, nilai ibadah/syariah, dan nilai akhlak. Selain itu, mengenai relevansi atau keterkaitan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kartun upin dan ipin episode ramadhan dengan konteks pembelajaran digital yaitu tentang beriman kepada Allah, bertakwa kepada Allah dan mengetahui perilaku yang baik dan santun sebagai cerminan akhlak mulia. Berkaitan dengan hal tersebut maka pesan moral dalam kartun Upin Ipin episode Ramadhan dapat disampaikan oleh para pendidik sehingga menjadi gambaran yang positif bagi siswa khususnya bagi siswa usia dini dan siswa usia pendidikan dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Depositing User: | Perpus admin UNISLA |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 06:08 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 06:08 |
URI: | http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1120 |
Actions (login required)
View Item |