PENGARUH PENGGUNAAN NUMBER CARD MEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA DI POS PAUD KUMALA SARI

SUMIATI, . (2023) PENGARUH PENGGUNAAN NUMBER CARD MEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA DI POS PAUD KUMALA SARI. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (134kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (104kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
4.BAB 1.pdf

Download (235kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (226kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (269kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
9.BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)

Abstract

Anak memperoleh pengalaman baru dengan belajar menggunakan kartu angka, kegiatan tersebut akan melatih anak untuk menghafal dan mengingat. Media dan sumber belajar yang monoton menjadi salah satu penghambat anak untuk berkreasi. Sudah saatnya media pembelajaran dimodifikasi sedemikian rupa supaya tercipta suasana belajar yang menarik dan menyenangkan sehingga anak tidak mudah mudah bosan dan bersemangat belajar.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pengaruh penggunaan Number Card media terhadap kemampuan mengenal angka anak dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat kemampuan mengenal angka anak usia 2-3 tahun Di pos paud kumalasari kepoh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif,dengan metode pretest dan postest.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Pos Paud Kumalasari pada anak usia 2-3 tahun yaitu penggunaan Number Card Mdia terbukti efektif dalam kemampuan mengenal angka anak Usia 2-3 tahun Di Pos Paud Kumalasari, dilihat dari hasil penelitian awal pretest yang belum berkembang (BB)11 anak (48%), Mulai berkembang 5 anak (36%), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 4 anak (16%)dan Berkembang Sangat Baik tidak ada(0%). Setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan Number card media terlihat kemampuan mengenal angka anak Usia 2-3 tahun dengan data sebagai berikut yang Belum Berkembang (BB) sudah tidak ada (0%),Mulai Berkembang 6 anak(8%)Berkembang sesuai Harapan 10 anak (55%) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 4 anak (30%). Setelah diberikan pembelajaran dengan menggunakan Number card Media diperoleh temuan bahwa kemampuan mengenal angka anak secara keseluruhan mengalami peningkatan, yang awalnya dengan rata-rata hanya 4,6 atau berada pada tabel klasifikasi persentase kurang baik.tetapi setelah dilakukan pembelajaran melalui Number card Media kemampuan mengenal angka anak meningkat menjadi 6,95. bisa dilihat bahwa adanya peningkatan sebesar 2.81 pada kemampuan mengenal angka pada saat menggunakan Number card Media.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Number Card media, Kemampuan mengenal Angka, anak usia 2-3 tahun.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 16 May 2024 05:40
Last Modified: 16 May 2024 05:40
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2304

Actions (login required)

View Item View Item