PENGEMBANGANMEDIAPUZZLEHURUFALFABETUNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK KARTINI I TUMENGGUNGAN LAMONGAN

ROFIATIN, ELIF (2023) PENGEMBANGANMEDIAPUZZLEHURUFALFABETUNTUKMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK KARTINI I TUMENGGUNGAN LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.docx.pdf

Download (58kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya media puzzle huruf alfabet yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan di TK Kartini I Tumenggungan Lamongan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil pengembangan media puzzle huruf alfabet untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research And Development ) dengan menggunakan metode Borg & Gall yang dikemukakakan oleh 6 langkah tersebut meliputi a) Penelitian pengumpulan informasi awal, b) Pengumpulan data, c) Desain produk, d) Validasi desain, e) Revisi desain, f) Uji coba produk. Jenis Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan data kualitatif dan kuantitatif. data kualitatif didapatkan dari hasil komentar serta saran dan wawancara sedangkan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil angket/kuesioner. Hasil validasi ahli dan uji coba menunjukan dari penilaian validasi ahli materi nilai persentase 88,3%, validasi ahli media nilai persentase 88,5% dan validasi ahli praktisi nilai persentase 93,3%, uji coba perseorangan nilai persentase 94,11%, uji coba kelompok kecil nilai persentase 80,16% dan sedangkan uji coba lapangan nilai persentase 72,82%. Hasil dari yang diperoleh dari semuanya termasuk kedalam ketegori valid atau tanpa revisi. Sehingga dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Puzzle alfabet, Membaca Permulaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 13 May 2024 03:32
Last Modified: 13 May 2024 03:32
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2288

Actions (login required)

View Item View Item