PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS III MI HIDAYATUL MUBTADIIN GLATIK

ROHMAH, MAMLU’ATUR (2023) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS III MI HIDAYATUL MUBTADIIN GLATIK. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
01. HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (150kB)
[img] Text
02. HALAMAN ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (634kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (796kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
10. HALAMAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)

Abstract

Pengembangan media flipchart berbasis problem based learning pada pembelajaran Aqidah Akhlak didasarkan pada beberapa hal diantaranya : 1) pembelajaran hanya berpusat pada buku pelajaran Aqidah Akhlak, 2) metode yang digunakan hanya ceramah,3) pada proses pembelajaran, guru hanya menggunakan media papan tulis sehingga membuat siswa merasa bosan. Dalam mengatasi hal tersebut maka diperlukan pengembangan media yang tepat. Oleh sebab itu, peneliti dalam penelitian ini menggunakan media pembelajaran flipchart berbasis problem based learning agar saat pembelajaran siswa tidak merasa bosan dan menarik perhatian siswa dengan menggunakan media tersebut khususnya dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Tujuan dari penelitian ini antara lain : 1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran flipchart berbasis problem based learning pada pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas III MI Hidayatul Mubtadi’in, 2) Mengetahui tingkat kemenarikan media pembelajaran flipchart berbasis problem based learning pada pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas III MI Hidayatul Mubtadi’in. Metode penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model ADDIE. Subyek penelitian produk yaitu ahli media, ahli materi serta ahli bahasa dengan sasaran uji coba produk yaitu siswa kelas III MI Hidayatul Mubtadi’in. Hasil validasi media flipchart berbasis problem based learning ini memiliki tingkat kevalidan media sebesar 93,33 % (sangat layak), materi sebesar 91 % (sangat layak), dan bahasa sebesar 88 % (sangat layak), serta hasil uji coba lapangan sebesar 94,88 % (sangat layak). Dapat disimpulkan bahwa media flipchart berbasis problem based learning memiliki tingkat kelayakan sangat baik dan memiliki tingkat kemenarikan yang sangat baik untuk siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah pada pembelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Media Flipchart Berbasis Problem Based Learning, Pembelajaran Aqidah Akhlak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 06 May 2024 05:32
Last Modified: 06 May 2024 05:32
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2278

Actions (login required)

View Item View Item