ANALISIS PENGARUH MODEL PBL BERBASIS PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 MATA PELAJARAN TEMATIK DI SDN BATURONO

WAHYUNI, FITROTUL (2023) ANALISIS PENGARUH MODEL PBL BERBASIS PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 MATA PELAJARAN TEMATIK DI SDN BATURONO. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
01. SAMPUL.pdf

Download (93kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (299kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Pengaruh Model PBL Berbasis Permainan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Mata Pelajaran Tematik di SDN Baturono, latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik dengan rata rata masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum), Sebagian siswa masih ada yang bermain sendiri maupun asik mengobrol dengan teman sehingga tidak bisa menerima materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model PBL berbasis permainan terhadap hasil belajar tematik siswa kelas 3 di SDN Baturono dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar tematik siswa kelas 3 di SDN Baturono. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan menggunakan desain one grup pretest dan one grup posttest. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan pelaksanaan dari model PBL pada kelas 3 SDN Baturono, melalui perhitungan uji t (paired sampel T-Test) diperoleh data nilai signifikan sebesar 0,000 dengan ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dibuktikan jugadengan nilai rata-rata post-test kelas 3 sebesar 89 dengan n-gain sebesar 0,64 yang berkriteria sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model PBL terhadap hasil belajar tematik kelas 3 SDN Baturono

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Permainan, Hasil Belajar, Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 19 Apr 2024 03:26
Last Modified: 19 Apr 2024 03:26
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2265

Actions (login required)

View Item View Item