PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI ROUDLOTUL MUTA’ABBIDIN

LUTFIYANA, ADDINA (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III MI ROUDLOTUL MUTA’ABBIDIN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (141kB)
[img] Text
HALAMAN ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
HALAMAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar seseorang siswa adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru, tidak sedikit siswa akan cepat bosan saat KBM yang masih menggunakan model yang kuno atau klasik. Penerapan Metode pembelajaran Buzz Group bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang sebelumnya diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional dan siswa yang setelah di ajar dengan menggunakan Metode pembelajaran Buzz Group pada kelas III MI Rodlotul Muta’abbidin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre�Eksperimental Design dengan bentuk The One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan hasil pre-test yang awalnya mendapat nilai rata-rata 59,16 meningkat pada post-test dengan nilai rata rata 83,33. Hasil perhitungan uji t (Pair Sample t�Test) menggunakan aplikasi SPSS versi 23 menunjukkan Ha diterima bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran Buzz Group terhadap hasil belajar siswa di MI Roudlotul Muta’abbidin. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MI Roudlotul Muta’abbidin, serta siswa terlihat aktif dalam proses pembelajaran baik pada saat berdiskusi antar siswa satu sama lain maupun antusias dalam mempresentasikan hasil diskusi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Buzz Group, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 18 Apr 2024 04:32
Last Modified: 18 Apr 2024 04:32
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2251

Actions (login required)

View Item View Item