ANALISIS PERSEPSI, GAYA HIDUP, DIVERSIFIKASI PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP EKSISTENSI USAHA DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KONSUMEN PADA UMKM NASI BORAN LAMONGAN (METODE PARTIAL LEAST SQUARE (PLS) - STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM))

LOFINIA, DARANI ARI (2023) ANALISIS PERSEPSI, GAYA HIDUP, DIVERSIFIKASI PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP EKSISTENSI USAHA DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KONSUMEN PADA UMKM NASI BORAN LAMONGAN (METODE PARTIAL LEAST SQUARE (PLS) - STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)). Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (55kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)

Abstract

Kuliner khas daerah dalam ruang lingkup UMKM acap kali menjadi identitas suatu daerah yang melekat di benak seseorang. Di sisi lain, kuliner khas daerah menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian besar para pecinta kuliner atau menimbulkan rasa curiosity bagi para wisatawan domestik jika melakukan kunjungan di suatu daerah yang dikenal karena makanan khas daerah yang dimiliki. Lamongan dikenal sebagai Kota Soto bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun, seiring dengan pesatnya perkembangan dunia kuliner Nasi Boran turut andil dalam pembentukan identitas Kota Lamongan. Hal tersebut lantaran Nasi Boran telah resmi menjadi hidangan khas daerah yang memiliki hak paten sama halnya dengan Soto Lamongan. kini kedua kuliner tersebut memiliki sertifikat hak paten dari Kemenkumham RI. Dalam hal ini, kedua kuliner tersebut menjadi kuliner nusantara dan diakui secara nasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek mediasi kepuasan konsumen pada analisis persepsi, gaya hidup, diversifikasi produk dan kualitas produk terhadap eksistensi usaha Nasi Boran di Lamongan. jenis penelitian ini yakni kuantitatif dengan metode PLS-SEM. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada 150 responden. Kriteria responden dalam penelitian ini yakni berusia ≥ 18 tahun, serta memiliki pengalaman membeli dan mengkonsumsi Nasi Boran Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen tidak mampu memediasi persepsi, gaya hidup, diversifikasi produk, dan kualitas produk terhadap eksistensi usaha Nasi Boran Lamongan. karena hasil analisis specific indirect effect menunjukkan nilai > 0,05. Gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap eksistensi usaha Nasi Boran Lamongan karena hasil analisis menunjukkan nilai t-hitung > t�tabel (2,008 > 1,964) serta p-value 0,045 < 0,05. Gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen karena hasil analisis menunjukkan nilai t-hitung > t�tabel ( 3,275 > 1,964) serta p-value 0,001 < 0,05. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen karena hasil analisis menunjukkan nilai t�hitung > t-tabel (2,853 > 1,964) serta p-value 0,005 < 0,05. Penelitian ini memiliki sembilan hipotesis. Enam hipotesis ditolak dan tiga hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: FAKULTAS EKONOMI > PRODI MANAJEMEN
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:26
Last Modified: 06 Mar 2024 02:26
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2191

Actions (login required)

View Item View Item