IMPLEMENTASI METODE DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK MENGETAHUI POLA PENJUALAN BARANG MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus: Toko H. Hadi Kalitengah Lamongan)

PRADANA, ANDRA PUTRA (2023) IMPLEMENTASI METODE DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK MENGETAHUI POLA PENJUALAN BARANG MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus: Toko H. Hadi Kalitengah Lamongan). Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)

Abstract

Implementasi metode Market Basket Analysis menggunakan algoritma Apriori untuk mengidentifikasi pola-pola asosiasi dalam dataset penjualan barang. Data penjualan barang yang digunakan adalah data historis penjualan yang mencakup informasi tentang barang-barang yang dibeli oleh pelanggan. Metode ini bertujuan untuk menghasilkan itemset kemungkinan penjualan barang, yang memberikan wawasan tentang barang-barang mana yang mungkin akan dibeli bersamaan oleh pelanggan. Proses implementasi melibatkan beberapa tahap, termasuk pembersihan data, transformasi data ke dalam format yang sesuai, dan penerapan algoritma Apriori untuk menemukan aturan asosiasi yang signifikan. Metode ini memiliki potensi untuk memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis, dengan mengoptimalkan penempatan produk di rak, mengembangkan strategi penjualan silang, dan meningkatkan personalisasi pengalaman pelanggan. Hasil perhitungan yang telah dilakukan menunjukan bahwa kombinasi aturan dengan minimum support 40% dan minimum confidence 50% merupakan kombinasi yang bisa direkomendasikan pada toko H. Hadi, yakni dapat menghasilkan 14 aturan asosiasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Market Basket Analysis, Algoritma Apriori, Penjualan Barang.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: FAKULTAS TEKNIK > PRODI TEKNIK INFORMATIKA
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:15
Last Modified: 07 Feb 2024 03:15
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2100

Actions (login required)

View Item View Item