SHOFIYAH, SAIDAH (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH 05 TEGALREJO. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
Text
151710037 SAIDAH SHOFIYAH_Cover.pdf Download (207kB) |
|
Text
151710037 SAIDAH SHOFIYAH_Abstrak.pdf Download (288kB) |
|
Text
151710037 SAIDAH SHOFIYAH_Daftar Isi.pdf Download (705kB) |
|
Text
151710037 SAIDAH SHOFIYAH_Bab I.pdf Download (462kB) |
|
Text
151710037 SAIDAH SHOFIYAH_Bab II.pdf Download (658kB) |
|
Text
151710037 SAIDAH SHOFIYAH_Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
151710037 SAIDAH SHOFIYAH_Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
151710037 SAIDAH SHOFIYAH_Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
Text
151710037 SAIDAH SHOFIYAH_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Pengembangan Media Powtoon pada pembelajaran Matematika materi jarak, waktu, dan kecepatan di kelas V MI Muhammadiyah 05 Tegalrejo. Berdasarkan beberapa hal diantaranya adalah: (1) kegiatan pembelajaran belum menggunakan media yang inovatif (2) kegiatan belajar mengajar berpusat pada buku paket yang terlalu monoton. Mengatasi permasalahan yang ada di dalam kegiatan pembelajaran maka diperlukan media pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu peneliti pada penelitian ini mengembangkan media pembelajaran powtoon yang berisi materi tentang jarak waktu dan kecepatan. Media ini dapat membuat anak lebih aktif dan belajar, karena tampilan powtoon ini berupa video animasi. Penelitian ini dilakukan di kelas V MI Muhammadiyah 05 Tegalrejo dengan jumlah 20 siswa. Tujuan penelitia ini adalah 1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran powtoon pada Mata pelajaran Matematika di kelas V MI Muhammadiyah 05 Tegalrejo. 2) mengetahui tingkat kemenarikan media pembelajaran powtoon pada Mata pelajaran Matematika di kelas V MI Muhammadiyah 05 Tegalrejo. Penelitian ini, menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima Langkah pelaksanaan penelitian dan pengembangan yaitu: 1) Analisis (Analyze); 2) Perancagan (Design); 3) Pengembangan (Development); 4) Implementasi (Implementation); 5) Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran powtoon ditunjukkan dari hasil penilaian validasi ahli materi 90.0%, ahli media 97,15%, ahli bahasa 89,58%, hasil uji coba pengguna dari 2 guru Matematika mendapatkan nilai rata-rata sebesar 92,85% dan 91,07%, dan hasil penilaian kemenarikan di tunjukan dari hasil uji coba peroragan 98,33%, uji coba kelompok kecil 82,08%, dan uji coba operasional 99,25%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powtoon terbukti valid dan menarik untuk siswa kelas V MI Muhammadiyah 05 Tegalrejo.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Depositing User: | Perpus admin UNISLA |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 06:11 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 06:11 |
URI: | http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/183 |
Actions (login required)
View Item |