PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ELEKTRONIK PADA TEMA 6 SUBTEMA 4 KELAS 3 DI MI PEMBANGUNAN LAMONGAN

SYAIDAH, NISSA’ATUL (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ELEKTRONIK PADA TEMA 6 SUBTEMA 4 KELAS 3 DI MI PEMBANGUNAN LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
151710029 Nissa'atul Syaidah_Cover.pdf

Download (362kB)
[img] Text
151710029 Nissa'atul Syaidah_Abstrak.pdf

Download (343kB)
[img] Text
151710029 Nissa'atul Syaidah_Daftar Isi.pdf

Download (817kB)
[img] Text
151710029 Nissa'atul Syaidah_Bab I.pdf

Download (839kB)
[img] Text
151710029 Nissa'atul Syaidah_Bab II.pdf

Download (784kB)
[img] Text
151710029 Nissa'atul Syaidah_Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
151710029 Nissa'atul Syaidah_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
151710029 Nissa'atul Syaidah_BAb V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
151710029 Nissa'atul Syaidah_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Pengembangan lembar kerja siswa elektronik pada tema 6 subtema 4 kelas 3 di MI Pembangunan Lamongan didasarkan pada beberapa hal diantaranya (1) Pembelajaran yang hanya berpusat pada buku ajar tematik yang diterbitkan oleh kemendikbud tanpa adanya pengembangan lebih lanjut seperti LKS, jika guru ingin mengecek tingkat kepahaman ataupun umpan balik siswa selama pembelajaran dirasa masih kurang efektif, (2) Siswa kurang bersemangat dalam belajar dan cepat bosan karena buku yang digunakan kurang menarik karena pada buku kurang tersedianya gambar sebagai penunjang materi, (3) kurangnya latihan soal dalam buku ajar sehingga guru harus membuat soal secara mandiri. Mengatasi hal tersebut maka diperlukan pengembangan bahan ajar yang tepat. Bahan ajar yang dikembangkan berbasis Problem Based Learning (PBL) sebagai salah satu cara untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah serta dapat meningkatkan pengetahuan baru pada siswa. Penelitian dilakukan di Kelas 3 MI Pembangunan Lamongan sebanyak 20 Siswa kelas 3A dan 20 siswa kelas 3B. Adapun tujuan penelitiannya adalah 1) Menghasilkan produk berupa lembar kerja siswa elektronik pada tema 6 subtema 4 kelas 3 di MI Pembangunan Lamongan. 2) Mengetahui tingkat kemenarikan lembar kerja siswa elektronik pada tema 6 subtema 4 berbasis PBL. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian produk yaitu ahli materi/isi, ahli bahasa, ahli desain, ahli pembelajaran serta sasaran uji coba produk yaitu siswa Kelas 3 MI Pembangunan Lamongan. Prosedur pengembangan E – LKS ini diantaranya 1) analisis, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja siswa elektronik berbasis PBL memiliki tingkat kevalidan yang dibuktikan dari hasil validasi ahli materi 90,76%, hasil validasi ahli bahasa 93, 33%, hasil validasi ahli desain 98, 97%, dan ahli pembelajaran 96, 92%. Hasil uji lapangan menunjukkan tingkat kemenarikan mencapapi 98, 36%. Maka dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa elektronik berbasis PBL terbukti valid dan menarik untuk siswa kelas 3 MI Pembangunan Lamongan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 09 Feb 2022 05:44
Last Modified: 09 Feb 2022 05:44
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item