PENGEMBANGAN MEDIA POWTOON PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI TARBIYATUL FALAHIYAH

NINGSIH, ELDA FITRIA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA POWTOON PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI MI TARBIYATUL FALAHIYAH. Other thesis, Universitas Islam Lamongan.

[img] Text
151710006 ELDA FITRIA NINGSIH_Cover.pdf

Download (27kB)
[img] Text
151710006 ELDA FITRIA NINGSIH_Abstrak.pdf

Download (107kB)
[img] Text
151710006 ELDA FITRIA NINGSIH_Daftar Isi.pdf

Download (684kB)
[img] Text
151710006 ELDA FITRIA NINGSIH_Bab I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
151710006 ELDA FITRIA NINGSIH_Bab II.pdf

Download (400kB)
[img] Text
151710006 ELDA FITRIA NINGSIH_Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
151710006 ELDA FITRIA NINGSIH_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
151710006 ELDA FITRIA NINGSIH_Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
151710006 ELDA FITRIA NINGSIH_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul pengembangan media Powtoon pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Tarbiyatul Falahiyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research And Development (R&D). Pengembangan media Powtoon didasarkan pada beberapa hal yaitu: 1) Pembelajaran yang berpusat pada buku ajar matematika yang diterbitkan oleh kemendikbud, 2) Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika belum bervariatif. Mengatasi hal tersebut maka diperlukan pengembangan media yang tepat. Oleh karena itu peneliti menggunakan media Powtoon. Media Powtoon terdapat animasi-animasi yang menarik sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan rasa ingin tahu siswa serta dapat dijadikan sebagai sumber belajar pendamping untuk kegiatan pembelajaran. Penelitian dilakukan di kelas IV MI Tarbiyatul Falahiyah sebanyak 18 siswa untuk uji operasional dan kelas IV MI Ihyaul Islam 3 siswa untuk uji coba perorangan dan 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Tujuan penelitiannya yaitu: 1) Menghasilkan produk berupa media Powtoon matematika kelas IV materi pengukuran sudut. 2) Mengetahui tingkat kemenarikan media Powtoon matematika. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian produk yaitu ahli materi, ahli bahasa, ahli desain, ahli pembelajaran serta sasaran uji coba produk yaitu siswa kelas IV MI Tarbiyatul Falahiyah dan MI Ihyaul Islam. Prosedur pengembangan media diantaranya: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan media Powtoon memiliki tingkat kevalidan yang dibuktikan dari hasil validasi ahli materi 90%, validasi ahli bahasa 90%, validasi ahli desain 88%, ahli pembelajaran pertama 92% dan ahli pembelajaran kedua 92%. Hasil uji lapangan menunjukkan tingkat kemenarikan 95,5%. Maka dapat disimpulkan media Powtoon matematika terbukti valid dan menarik untuk siswa kelas IV

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 08 Feb 2022 05:54
Last Modified: 08 Feb 2022 05:54
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item View Item