PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI KELAS V MI AL-HIDAYAH

OKTAVIA, DWI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH DI KELAS V MI AL-HIDAYAH. Other thesis, Universitas Islam Lamongan.

[img] Text
151710005 DWI OKTAVIA_Cover.pdf

Download (268kB)
[img] Text
151710005 DWI OKTAVIA_Abstrak.pdf

Download (314kB)
[img] Text
151710005 DWI OKTAVIA_Daftar Isi.pdf

Download (511kB)
[img] Text
151710005 DWI OKTAVIA_Bab I.pdf

Download (610kB)
[img] Text
151710005 DWI OKTAVIA_Bab II.pdf

Download (787kB)
[img] Text
151710005 DWI OKTAVIA_Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
151710005 DWI OKTAVIA_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
151710005 DWI OKTAVIA_Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text
151710005 DWI OKTAVIA_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar fiqih di kelas V MI Al-Hidayah materi fiqih tentang ibadah umrah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu permasalahan rendahnya hasil belajar siswa yang kurang dari ketuntasan kriteria minimal (KKM). Penelitian ini membahas tentang (1) Mengetahui pelakasanaan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar fiqih di kelas V MI Al-Hidayah. (2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar fiqih di kelas V MI Al-Hidayah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, desain penelitiannya adalah pre-eksperimen One-Group Pretest�Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al�Hidayah yang berjumlah 22 peserta didik. Teknik analisis data terdiri dari (1) Analisis instrumen yang meliputi daya beda, tingkat kesukaran dan sensitifitas butir soal, (2) Analisis hasil belajar meliputi penskoran, mean, ketercapaian hasil belajar dan gain skor, (3) Analisis Prasyaratnya menggunakan uji normalitas, (4) Analisis Hipotesisnya menggunakan uji paired sample T-Test menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar fiqih dan nilai rata-rata hasil belajar menunjukkan sebelum menggunakan model pembelajaran blended learning mendapatkan nilai rata-rata rendah dan setelah menggunakan model pembelajaan blended learning mendapatkan nilai rata-rata tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran blended learning berjalan dengan baik, dan terdapat pengaruh baik terhadap model penerapan pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar fiqih di kelas V MI Al-Hidayah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 08 Feb 2022 05:49
Last Modified: 08 Feb 2022 05:49
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item