PENGARUH METODE BRAINS TORMING BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS 3 MI ISLAMIYAH

ADELIA, ZAHRO ,ROSYIDA (2023) PENGARUH METODE BRAINS TORMING BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS 3 MI ISLAMIYAH. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.docx.pdf

Download (73kB)
[img] Text
HALAMAN ABSTRAK.docx.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.docx.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB II.docx.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.docx.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB IV.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB V.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB VI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (103kB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia dalam penerapannya lebih menekankan pengetahuan dari pada kreativitas peserta didik. Padahal peseta didik sebagai subjek yang akan menentukan kualitas pendidikan sehingga potensi-potensi yang dimilikinya harus ia kembangkan seperti pada potensi kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar tematik setelah menggunakan metode brainstorming berbantuan media flashcard pada peserta didik kelas III MI Islamiyah (2) mengetahui apakah Metode Brainstorming berbantuan media Flashcard efektif digunakan pada pembelajaran Aqidah Akhlak kelas III MI Islamiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 23 orang dengan pengambilan sampel menggunakan sampling purposive yaitu kelas III yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan tes dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan teknik analisis data yang meliputi rata-rata, varians, standar deviasi, uji normalitas. Selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis statistik yaitu uji wilcoxon. Hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa kemampuan awal peserta didik dalam penggunaan metode brainstorming dengan nilai rata-rata pretest yaitu 49,57 berada pada kualifikasi kurang. Sedangkan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode pembelajaran Brainstorming dengan nilai rata-rata posttset yaitu 77,17 berada pada kualifikasi baik. Jadi selisih rata-rata adalah 4.202 Berdasarkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji wilcoxon menggunakan SPSS diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penggunaan metode Brainstormig terhadap hasil belajar peserta didik kelas III pada pembelajaran tematik di MI Islamiyah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Brainstorming Berbantuan Media Flashcard, dan Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:38
Last Modified: 29 Jan 2024 04:38
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item