ASTUTIK, RETNOMULYO (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) PADA PENGUASAAN KONSEP MATAPELAJARAN IPA KELASIVDIMIAL-MUNAWWAROHKEMBANGBAHU. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
Text
1. HALAMAN SAMPUL.docx.pdf Download (114kB) |
|
Text
2. ABSTRACT.docx.pdf Download (99kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.docx.pdf Download (60kB) |
|
Text
BAB I.docx.pdf Download (187kB) |
|
Text
BAB II.docx.pdf Download (356kB) |
|
Text
BAB III.docx.pdf Download (244kB) |
|
Text
BAB IV.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
|
Text
BAB V.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
Text
BAB VI.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Pada Penguasaan Konsep Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MI Al-Munawwaroh Kembangbahu, latar belakang penelitian ini adalah rendahnya penguasaan konsep IPA dengan rata-rata masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum), sebagian siswa masih banyak yang asik mengobrol dengan temannya sendiri dan tidak memperhatikan serta menerima sebuah materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Pengaruh Model Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Pada Penguasaan Konsep Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MI Al-Munawwaroh Kembangbahu dan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Pada Penguasaan Konsep Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MI Al-Munawwaroh Kembangbahu.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain one grup pretest dan one grup posttest. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan pelaksanaan dari Model POGIL pada kelas IV MI Al-Munawaaroh Kembangbahu. Melalui Perhitungan uji Paired Sampel T Test menggunakan SPSS 25 diperoleh data nilai signifikan sebesar 0,000 dengan ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Dibuktikan juga dengan nilai rata-rata posttest kelas IV sebesar 71,6 dengan n-gain sebesar 0,41 yang berkriteria sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Pengaruh Model Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Pada Penguasaan Konsep Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di MI Al-Munawwaroh Kembangbahu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, POGIL, dan Penguasaan Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Depositing User: | Perpus admin UNISLA |
Date Deposited: | 27 Jan 2024 04:56 |
Last Modified: | 27 Jan 2024 04:56 |
URI: | http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1304 |
Actions (login required)
View Item |