PENGARUH METODE BUZZ GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN JETIS 4

ZURROHIDA, ELIYATUN (2023) PENGARUH METODE BUZZ GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN JETIS 4. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
sampul Eliyatun Zurrohidah.pdf

Download (106kB)
[img] Text
abstrack.pdf

Download (46kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (68kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (121kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (337kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (252kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
daftar pustaka eli.pdf

Download (99kB)

Abstract

Pendidikan di indonesia dalam penerapannya lebih menekankan pengetahuan dari pada kreativitas peserta didik. Padahal peserta didik sebagai subjek yang akan menetukan kualitas pendidikan sehingga potensi– potensi yang dimilikinya harus ia kembangkan seperti pada potensi kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui hasil belajar matematika setelah menggunakan metode Buzz Group pada peserta didik kelas IV SDN 4 Jetis. 2) mengetahui metode Buzz Group efektif digunakan pada pembelajaran matematika kelas IV SDN 4 Jetis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dega menggunakan one group pretest– postest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 27 orang yang pengambilan sampel menggunakan sampling purposive yaitu kelas IV yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan tes dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan dengan teknik analisis data yang meliputi rata– rata, varians, standar deviasi, uji normalitas. Selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis statistik paired sample test. Hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa kemampuan awal peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Buzz Group dengan nilai rata– rata posttest yaitu 49 , berada pada kualifikasi baik. Jadi selisih rata– rata adalah 70 berdasarkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired simple test menggunakan SPSS diperoleh nilai sig. 0.000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas penggunakan metode Buzz Group terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran matematika di SDN 4 Jetis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Buzz Group dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 27 Jan 2024 04:09
Last Modified: 27 Jan 2024 04:09
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item