PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MTs. A. WAHID HASYIM TIKUNG

HASANAH, USWATUN (2023) PERAN GURU PAI DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI MTs. A. WAHID HASYIM TIKUNG. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (69kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.docx.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.docx.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB III.docx.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB IV.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB V.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
BAB VI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.docx.pdf

Download (89kB)

Abstract

Peran guru PAI dalam membentuk profil pelajar pancasila di MTs. A. Wahid Hasyim dilaksanakan dengan dua tahapan, tahapan pertama melalui peran guru dan tahapan kedua melalui kurikulum inti PAI yaitu mata pelajaran Fiqih dan Akidah, serta melalui kegiatan esktra kurikuler IPNU &IPPNU, Pramuka dan Banjari. Tujuan penelitian tesis ini adalah Untuk menjelaskan peran guru PAI dalam membentuk profil pelajar Pancasila di MTs. A. Wahid Hasyim Tikung, Untuk menganalisis proses pembelajaran PAI dalam membentuk profil pelajar Pancasila di MTs. A. Wahid Hasyim Tikung. Metode penelitian yang digunakan pada tesis kali ini adalah kualitatif, data di dapatkan dari hasil observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi dan ditambahkan dengan data penguat primer dan sekunder. Hasil penelitian ini adalah guru PAI di MTs A. Wahid Hasyim telah melaksanakan perannya sebagai guru teladan, Guru sebagai pendidik, Guru sebagai fasilitator, Guru sebagai motivator, Guru sebagai evaluator, Guru sebagai pengajar, Guru sebagai pembimbing, Guru sebagai pelatih dengan baik, meski masih butuh penyempurnaan dalam proses pelaksanaannya. Kurikulum pembelajaran PAI dalam membentuk profil pelajar pancasila di MTs Wahid Hasyim dibentuk melalui pelajaran fiqih dan akidah, pembelajaran ini dilaksanakan di kelas 7,8,9 dengan hari yang berbeda dan guru yang berbeda. Melalui ekstra banjari siswa dapat membentuk profil pelajar pancasila, karena untuk membentuk irama yang sesuai siswa dan siswi dibutuhkan kekompakan yang utuh serta bertanggung jawab pada dirinya sendiri dalam segi memainkan rumus kemudian siswa kreatif untuk mengembangkan rumus demi rumus serta siswa dapat menambah ketaqwaanya pada sang pencipta dan menambah kecintaannya pada Nabi Muhammad Saw.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Membentuk, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > MAGISTER PENDIDIKAN
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:52
Last Modified: 25 Jan 2024 04:52
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item View Item