MINTARAGA, AHMAD RIYAN (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN AIR BERSIH (Study Kasus Hippam Tirto Joyo II). Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
Text
HALAMAN SAMPUL.docx.pdf Download (101kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx.pdf Download (140kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx.pdf Download (97kB) |
|
Text
BAB 1.docx.pdf Download (108kB) |
|
Text
BAB 2.docx.pdf Download (236kB) |
|
Text
BAB 3.docx.pdf Download (180kB) |
|
Text
BAB 4.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
BAB 5.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
|
Text
BAB 6.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf Download (101kB) |
Abstract
HIPPAM Tirto Joyo II, merupakan daerah yang jarang ada sumber bawah tanah. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan jika didukung dengan sistem pengairan yang baik. Sebelum HIPPAM Tirto Tirto Joyo II berdiri, belum ada pengairan hanya saja kebutuhan sehari-hari membeli ke tukang air per jerigen. Namun, terdapat beberapa kendala dari sistem pengairan ini antara lain mahalnya tarif air per jerigen, serta air jerigen yang hanya beroprasi pagi sampai sore. Penelitian ini bertujuan guna melihat seberapa jauh pengaruh faktor kualitas produk, kualitas pelayanan, dan Customer Relationship Management terhadap loyalitas pelanggan di hippam tirto joyo II baik secara parsial, simultan, dan faktor yang paling dominan diantara ketiga variabel bebas yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Sampel yang digunakan adalah 260 responden dengan menggunakan teknik sampling jenuh, pengolahan data menggunakan alat bantu statistik IBM SPSS Version 20.0 Alat uji yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Dari hasil pengelolaan data diperoleh nilai thitung untuk kualitas produk (X1) sebesar 2,947 > 1,969 dengan nilai signifikannya sebesar 0,010 < 0,05, kualitas pelayanan (X2) sebesar 10,062 > 1,969 dengan nilai signifikannya sebesar 0,010 < 0,05, dan Customer Relationship Management (X3) sebesar 10,062 > 1,969 dengan nilai signifikannya sebesar 0,010 < 0,05, yang artinya bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan Customer Relationship Management berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dari uji F diperoleh nilai fhitung sebesar 419102141123,095 > ftabel 2,64, dengan nilai signifikannya sebesar0,05, yang artinya bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan Customer Relationship Management berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan hasil regresi linier berganda diperoleh persamaan Y=5,484 + 0,044 X1 + 0,058 X2 + 0,415 X3 , yang artinya variabel yang paling dominan adalah Customer Relationship Management. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan Customer Relationship Management memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan secara parsial maupun simultan, dan dapat diketahui Customer Relationship Management merupakan variabel paling dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan pada hippam tirto jouo II.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI > PRODI MANAJEMEN |
Depositing User: | Perpus admin UNISLA |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 03:35 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 03:35 |
URI: | http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1255 |
Actions (login required)
View Item |