PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU (STUDI PADA MI ISLAMIYAH DINOYO TERDEPAN

Muaiminah, Nuzulul (2023) PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU (STUDI PADA MI ISLAMIYAH DINOYO TERDEPAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
01. SAMPUL.pdf

Download (312kB)
[img] Text
02. ABSTRACT.pdf

Download (223kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (473kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (489kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) merupakan sorotan paling tajam dalam sebuah instansi pendidikan. Manusia sebagai salah satu sumber daya yang terampil sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, karena merupakan tuntutan global, dimana harus mengikuti perkembangan yang ada. Guru memiliki motivasi kerja tinggi, akan melakukan lebih dari sekedar rutinitasnya dalam mengajar sehingga produktivitas sekolah akan meningkat. Selain faktor motivasi kerja, kinerja guru dipengaruhi pula oleh disiplin kerja. Disiplin yang baik tercermin dari besarnya rasa tanggung jawab seseorang terhadap tugas yang diberikan kepadanya. Lingkungan kerja memiliki peran penting untuk meningkatkan kinerja guru melalui lingkungan fisik maupun non fisik yang baik, seperti menciptakan suasana yang aman dan nyaman pada karyawan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang yang merupakan guru MI Islamiyah Dinoyo Terdepan. Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui besar pengaruh motivasi, disipli kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru (Y) adalah regresi linear berganda dan koefisien determinasi, sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan secara parsial atau individu yaitu uji t dan secara simultan atau bersama-sama yaitu uji F. Hasil analisis regresi linear berganda yang diperoleh ialah Y = -16,402 + 0,624 X1 + 0,715 X2 + 0,282 X3 + maka variabel yang paling dominan adalah disiplin kerja (X2) dengan beta 0,715. Hasil pengujian uji t parsial Motivasi (X1) yaitu thitung 2,723 > ttabel 2,011 maka H0 ditolak dan H1 diterima, uji t parsial Displin Kerja (X2) yaitu thitung 2,770 > ttabel 2,011 maka H0 ditolak dan H2 diterima, dan uji t parsial Lingkungan Kerja (X3) yaitu thitung 2,718 > ttabel 2,011 maka H0 ditolak dan H3 diterima. Hasil uji F simultan yaitu Fhitung 29,071 > Ftabel 3,20 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa variabel independen Motivasi (X1) dan Disiplin Kerja (X2) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap variabel dependen, sedangkan variabel independen Lingkungan Kerja (X3) tidak berpengaruh secara parsial dan tidak signifikan terhadap variabel dependen. Seluruh variabel independen berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap variabel dependen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: FAKULTAS EKONOMI > PRODI MANAJEMEN
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 20 Jan 2024 05:30
Last Modified: 20 Jan 2024 05:30
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item View Item