PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI KELAS X MA BAHRUL ULUM LAMONGAN

ASTUTIK, ZULI (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI KELAS X MA BAHRUL ULUM LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
01. SAMPUL.pdf

Download (86kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.docx.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (559kB)
[img] Text
05. BAB II.docx.pdf

Download (221kB)
[img] Text
06. BAB III.docx.pdf

Download (167kB)
[img] Text
07. BAB IV.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
08. BAB V.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
09. BAB VI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
10. PUSTAKA.docx.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan metode Drill terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas X MA Bahrul Ulum Lamongan dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif serta pendekatan korelasi, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Drill, mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadist, serta mengetahui pengaruh penerapan metode Drill terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas XMA Bahrul Ulum Lamongan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta X MA Bahrul Ulum Lamongan. Dan analisis data menggunakan teknik analisis statistik berupa regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini, yang pertama, penerapan metode Drill tergolong baik sekali. Hal ini berdasarkan hasil angket yang telah disebarkan kepada responden dan analisis melalui rumus prosentase diperolehhasil sebesar 81,20% yang berada di nilai interval 76%-100%. Yang kedua, hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist tergolong baik. Hal ini berdasarkan nilai rapot peserta didik dan analisis melalui rumus mean (rata-rata) diperoleh hasil dengan nilai 83,96 yang berada di antara nilai 75-89. Sedangkan yang ketiga, pengaruh penerapan metode Drill terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di kelas XMA Bahrul Ulum Lamongan menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dan berdasarkan besarnyanilai korelasi 0,878 yang berada pada interpretasi 0,80- 1,000 menunjukan bahwa antara variabel X dan variabel Y terdapat hubungan yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:09
Last Modified: 05 Jan 2024 06:09
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item View Item