PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMA DARUL ULUM MEDALI SUGIO LAMONGAN

ALIMAH, SYAFA’ATUN (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMA DARUL ULUM MEDALI SUGIO LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
SAMPUL.pdf

Download (286kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (383kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMA Darul Ulum Medali Sugio Lamongan menggunakan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka SMA Darul Ulum Medali Sugio Lamongan, untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas X SMA Darul Ulum Medali Sugio Lamongan, dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas X SMA Darul Ulum Medali Sugio Lamongan. Analisis data menggunakan rumus prosentase dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh: pertama, Implementasi Kurikukulum Merdeka SMA Darul Ulum Medali Sugio Lamongan tergolong baik karena berada diantara 70% - 85% yakni 71,3%. Kedua, Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMA Darul Ulum Medali Sugio Lamongan tergolong cukup karena berada diantara 46% -69% yakni 68,9% . Ketiga, dari hasil perhitungan menggunakan rumus SPSS regresi linier sederhana, diketahui dari tabel ANNOVA uji regrei linier sederhana bahwa nilai signifikansinya adalah 0,003, nilai tersebut kurang dari 0,05 maka ada pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas X, dan nilai t hitung t hitung 0,302 < 1,986 t tabel yang menujukkan nilai negatif, dengan hasil akhir terdapat pengaruh yang berlawanan implementasi kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas X SMA Darul Ulum Medali Sugio Lamongan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:09
Last Modified: 05 Jan 2024 06:09
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item View Item