PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA BERJAMAAH DI MI TARBIYATUL ATHFAL MOJOSARI KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN

ANGGRAINI, PRITA LISTIN (2023) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA BERJAMAAH DI MI TARBIYATUL ATHFAL MOJOSARI KECAMATAN MANTUP KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
COVER.pdf

Download (129kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text
HALAMAN DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] Text
HALAMAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Penguatan Pendidikan Karakter Islami melalui Kegiatan Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah di MI Tarbiyatul Athfal Mojosari Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penguatan pendidikan karakter islami melalui kegiatan pembiasaan sholat dhuha berjamaah, mengetahui hasil pelaksanaan penguatan pendidikan karakter islami melalui kegiatan pembiasaan sholat dhuha berjamaah, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penguatan pendidikan karakter islami melalui kegiatan pembiasaan sholat dhuha berjamaah di MI Tarbiyatul Athfal Mojosari Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan. Hasil dari penelitian ini, yang pertama adalah Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter islami melalui kegiatan pembiasaan sholat dhuha berjamaah ada dua tahap yaitu, tahap persiapan dan tahap pelaksanaan sholat dhuha berjamaah. Hasil penguatan pendidikan karakter islami melalui kegiatan pembiasaan sholat dhuha berjamaah menghasilkan peningkatan karakter islami siswa yang meliputi, aspek nilai empati, nilai kedisiplinan, nilai kontrol diri, nilai rasa hormat, nilai kebaikan hati, nilai toleransi, dan nilai keadilan. Mengenai faktor pendukung dalam pelaksanaan penguatan pendidikan karakter islami melalui kegiatan pembiasaan sholat dhuha berjamaah yaitu fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, alokasi waktu cukup, dan juga guru pendamping kompeten serta berdedikasi. Sedangkan faktor penghambatnya yakni, ketika musim kemarau kurangnya ketersediaan air yang digunakan untuk wudhu, masih terdapat pengaruh negatif pergaulan siswa dari lingkungan luar sekolah, dan kurang optimalnya dukungan motivasi dari keluarga tentang penegasan pada siswa mengenai masalah karakter islami.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:08
Last Modified: 05 Jan 2024 06:08
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1125

Actions (login required)

View Item View Item