UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI STRATEGI LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) DI MA MIFTAHUL JINAN GLUGU KECAMATAN DEKET KABUPATEN LAMONGAN

THOYYIBAH, KHILMIYATUT (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI STRATEGI LSQ (LEARNING START WITH A QUESTION) DI MA MIFTAHUL JINAN GLUGU KECAMATAN DEKET KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
01.halaman sampul - khilmiyatut thoyyibah - 011910049.pdf

Download (192kB)
[img] Text
02.halaman abstrak - khilmiyatut thoyyibah - 011910049.pdf

Download (385kB)
[img] Text
03.daftar isi -khilmiyatut thoyyibah - 011910049.pdf

Download (297kB)
[img] Text
04.BAB I - khilmiyatut thoyyibah - 011910049.pdf

Download (422kB)
[img] Text
05.BAB II - khilmiyatut thoyyibah - 011910049.pdf

Download (544kB)
[img] Text
06.BAB III - khilmiyatut thoyyibah - 011910049.pdf

Download (305kB)
[img] Text
07.BAB IV - khilmiyatut thoyyibah - 011910049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] Text
08.BAB V - khilmiyatut thoyyibah - 011910049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
09.BAB VI - khilmiyatut thoyyibah - 011910049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
10.HALAMAN PUSTAKA - khilmiyatut thoyyibah - 011910049.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Upaya Guru dalam Menigkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlaq melalui Strategi LSQ (Learning start With a Question) di MA Miftahul Jinan Glugu Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak melalui strategi LSQ (Learning start With a Question) di MA Miftahul Jinan Glugu. Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik kelas XI MA Miftahul Jinan Glugu setelah diterapkannya LSQ (Learning start With a Question) pada pembelajaran aqidah akhlak. Untuk mengetahui bagaimana faktor yang mendukung dan menghambat penerapan strategi LSQ (Learning start With a Question) di MA Miftahul Jinan Glugu. Hasil dari penelitian ini, yang pertama adalah upaya guru dalam penggunaan strategi LSQ (Learning start With a Question) yang dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap perencanaan yang dilakukan dengan penentuan materi dan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), tahap pelaksanaan yang memuat langkah pelaksanaan pembelajaran yang mengacu pada RPP yang telah disusun pada tahap sebelumnya, tahap evaluasi dari hasil evaluasi guru baik yang berupa soal ulangan maupun penilaian harian. Yang kedua hasil belajar siswa kelas XI dalam menggunakan strategi LSQ (Learning start With a Question) ini dapat meningkat, dari nilai rata-rata pretest ke post test, yang sebelumnya memperoleh nilai rata-rata 61,1 dan setelah menggunakan strategi LSQ nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 90,5. Yang ke tiga faktor yang menukung strategi LSQ ini adalah adanyaa fasilitas atau media bahan ajar yang mendukung, guru yang kompeten, dan semangat serta motivasi siswa yang tinggi, yang menjadi faktor penghambat strategi LSQ adalah terbatasnya waktu pembelajaran, tingkat percaya diri dan keberanian siswa yang beda, kebijakan sekolah yang mengikuti pondok membuat terbenturnya jadwal kegiatan santri yang menjadi siswa menjadi tidak teratur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:35
Last Modified: 29 Dec 2023 03:35
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1101

Actions (login required)

View Item View Item