IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SII (STUDI ISLAM INTENSIF) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK GENERASI Z DI SMPN 1 KALITENGAH LAMONGAN

PUTRI, GALUH IVANI ISTINA (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SII (STUDI ISLAM INTENSIF) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK GENERASI Z DI SMPN 1 KALITENGAH LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
01. Halaman Sampul.pdf

Download (201kB)
[img] Text
02. Halaman Abstrak.pdf

Download (90kB)
[img] Text
03. Daftar Isi.pdf

Download (105kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (285kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (200kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
10. Halaman Pustaka.pdf

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Pembelajaran SII (Studi Islam Intensif) dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Generasi Z di SMPN 1 Kalitengah Lamongan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter religius peserta didik generasi Z di SMPN 1 Kalitengah Lamongan, mengetahui implementasi pembelajaran SII (Studi Islam Intensif) dalam membentuk karakter religius, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari implementasi pembelajaran SII (Studi Islam Intensif). Hasil dari penelitian ini, yang pertama adalah peserta didik generasi Z di SMPN 1 Kalitengah memiliki karakter religius yang cukup baik, hal itu dapat dilihat dari dimensi keyakinan, dimensi praktik ibadah, dimensi penghayatan, dimensi pengetahuan, serta dimensi konsekuensi perilaku yang dimiliki oleh peserta didik generasi Z di SMPN 1 Kalitengah. Dalam membentuk karakter religius peserta didik implemementasi pembelajaran SII dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran SII diantaranya pendidik yang berkompeten, peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi, sarana dan prasarana yang memadai, serta wali murid yang mendukung kegiatan, sedangkan faktor penghambat nya tidak begitu besar yaitu terlambatnya peserta didik ataupun guru yang mengajar dalam proses pembelajaran SII, hal itu diatasi dengan adanya komitmen antara kedua belah pihak, baik dari pihak sekolah maupun dari pihak wali murid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:35
Last Modified: 29 Dec 2023 03:35
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1096

Actions (login required)

View Item View Item